Program Sekolah

A. SASARAN
Sasaran merupakan kegiatan yang spesifik yang harus dilakukan untuk mencapai hasil dari suatu program. Berikut ini diuraikan sasaran dari program sekolah di SDN Rejasa dalam jangka menengah

 

Bidang kesiswaan3.jpg
a. Adanya penambahan siswa, rata-rata setiap tahunnya minimal 5 orang siswa
b. Dalam waktu 4 tahun ke depan terbantunya siswa yang kurang mampu secara ekonomi rata-rata 10 orang pertahunnya
c. Adanya kesadaran orang tua siswa dan masyarakat peduli pendidikan yang secara bersama-sama memperhatikan pendidikan anaknya jangan sampai putus sekolah
d. Meningkatnya kehadiran siswa rata-rata 85 % menjadi minimal 97%
e. Terperhatikannya siswa yang mempunyai kecerdasan tinggi maupun rendah
f. Terbinanya siswa yang mengulang kelas dari kelas I s.d VI
g. Adanya perhatian khusus bila terdapat siswa yang putus sekolah

2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
a. Guru SDN Rejasa mampu dalam membuat dan merencanakan sistem pembelajaran sesuai dengan tuntutan KTSP
b. Guru lebih terarah dan mudah melaksanakan pembelajaran bila mempunyai silabus dan rencana pembelajaran
c. Sesuainya isi silabus dengan rencana pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar
d. Pembelajaran akan lebih baik dan berhasil bila mempergunakan sistem pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Pakem)
e. Semua guru mampu menggunakan media atau alat peraga dalam pembelajaran di kelas
f. Diraihnya prestasi akademik dalam lomba mata pelajaran matematika dan IPA (Lomba MIPA) serta mata pelajaran lainnya
g. Tercapainya nilai maksimal untuk mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS dari kelas I s.d VI
h. Tercapainya kelulusan 100% bagi siswa kelas VI pada setiap tahunnya
i. Semua siswa yang lulus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (SLTP) atau yang sederajat.
j. Semua siswa yang berbakat olahraga dan seni dapat meraih prestasi minimal masuk dalam peringkat 3 besar tingkat kecamatan atau kabupaten
k. Terbinanya siswa yang berbakat olahraga dan seni.

3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

a. 3 guru yang sebelumnya non PNS mempunyai penghasilan tetap
b. 5 guru yang berijazah DII dapat menyelesaikan pendidikan dan memiliki ijazah SI
c. Terpenuhi kebutuhan olahraga dan penjaga sekolah guna efektifitas pelaksanaan pendidikan di sekolah
d. Kepala sekolah memiliki wawasan yang luas, kreatif, inovatif, trampil memonitoring, mampu mengevaluasi, dan menindaklanjuti hasil akreditasi.

4. Manajemen
Terjadinya harmonisasi hubungan antara pihak sekolah dengan masyarakat dan unsur dinas pendidikan untuk memajukan dunia pendidikan.
a. Manajemen Pembelajaran
Tersedianya sistem yang lebih sempurna, terlibatnya secara aktif peran komite sekolah dan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
b. Manajemen Peserta Didik
Tersedianya sistem yang lebih sempurna dan peran aktifnya komite sekolah dalam pengelolaan manajemen peserta didik. Misalnya pengawasan bersama dalam jam wajib belajar di rumah.
c. Manajemen Personalia
Tersedianya sistem yang lebih sempurna dan berperan aktifnya kepala sekolah, guru, dan komite dalam pengelolaan manajemen personalia. Menyediakan reward/ hadiah bagi guru yang memiliki kinerja yang baik.
d. Manajemen Sarana dan Prasarana
Berperan aktifnya semua unsur, seperti kepala sekolah, guru, dan komite dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penertiban administrasi sarpras yang baik.
e. Manajemen Keuangan dan Pembiayaan
Terciptanya transparansi manajemen bagi semua unsur dalam pengadaan dan pengelolaan keuangan dengan adanya keterlibatan komite, guru, dan masyarakat.

5. Sarana dan Prasarana
a. Terpenuhinya sarana pendukung kegiatan pendidikan di sekolah yang lengkap dan kondisi baik, seperti mushola, halaman sekolah, tempat parkir, termasuk gerbang sekolah untuk keamanan lingkungan sekolah
b. Terpenuhinya kebutuhan 6 ruang kelas yang memadai dan layak pakai untuk kegiatan pembelajaran
c. Memiliki ruang perpustakaan yang memenuhi standar
d. Tercukupinya buku paket murid untuk semua mata pelajaran.
e. Tersedianya buku pegangan guru dari beberapa penerbit
f. Lengkapnya alat pembelajaran seperti KIT IPA, KIT Matematika, KIT IPS, Bahasa Indonesia, alat olahraga, dan kesenian
g. Memiliki jaringan telepon dan internet untuk meningkatkan layanan sistem informasi
h. Dimilikinya prasarana air bersih untuk keperluan kebersihan dan kesehatan sekolah.

6. Perlengkapan ICT
a. Terpenuhinya peralatan komputer/ desktop beserta printernya sebagai sarana administrasi perkantoran atau tata usaha sekolah.
b. Memiliki LCD proyektor sebagai media pembelajaran di kelas.
c. Memiliki laboratorium Komputer.

7. Keuangan dan Pembiayaan
Selain bersumber dari BOS untuk mencukupi dana operasional, utamanya dalam hal pembinaan prestasi siswa akan dilakukan penggalian dana secara kreatif seperti membuka kantin sekolah, koperasi sekolah atau kerja sama dengan dunia usaha dan mencari donatur sekolah.

8. Budaya dan Lingkungan Sekolah
a. Terbiasanya hidup rukun, damai, dan harmonis di sekolah dan di tengah-tengah masyarakat.
b. Terwujudnya lingkungan yang bersih, nyaman dan aman di sekolah.
c. Terciptanya situasi yang religius dan terbiasa beribadah di sekolah.

9. Peran Sera Masyarakat
a. Tersedianya AD/ ART komite, program kerja, dan laporan pertanggung jawaban kegiatan
b. Komposisi anggota komite yang berasal dari berbagai unsur
c. Terprogramnya jadwal pertemuan rutin komite dengan sekolah dan antar komite
d. Peningkatan dukungan dan peran serta masyarakat terhadap sekolah.

Tinggalkan komentar